*Selamat Datang di Blog SAYA*

SaLaM...

ucapkan Assalamualaikum

Jumat, 08 Oktober 2010

ILMU BUDAYA DASAR

ILMU BUDAYA DASAR, dari beberapa sumber yang saya dapat pengertian Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar - dasar kebudayaan. budaya merupakan salah satu jiwa dari nilai - nilai dalam masyarakat.
Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.

Latar belakang ILMU BUDAYA DASAR
Kenyataan bahwa indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman suku dan kebudayaan. budaya tercermin melalui kebiasaan kebiasaan yang tidak lepas dari ikatan ikatan kesukuan dan kedaerahan. proses pembangunan positif dan negatif mengakibatkan terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya merubah mental manusia. akibat yang lebih lanjut akan menimbulkan konflik - konflik antara manusia manusianya itu sendiri. Kemajuan tekhnologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.

Tujuan mengenal ilmu budaya dasar
tujuanya adalah agar kita bisa lebih mengenal diri sendiri lebih dalam dan tidak hanya luarnya saja, mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain, sebagai bekal untuk pergaulan hidup.

Unsur - unsur kebudayaan
_kepercayaan.
_sistem organisasi kemasyarakatan.
_ilmu pengetahuan.
_Bahasa dan kesenian.
_Mata pencaharian hidup.
_Peralatan dan teknologi.

Fungsi budaya adalah untuk kita lebih mengenal tata cara hidup, seperti bertindak, berbuat untuk menentukan sikap ketika ingin berbaur dengan masyarakat luar. dan dipandang memiliki etika dan kesopanan.

Faktor yang mempengaruhi perubahan kebudayaan dasar adalah :
1. kontak dengan negara lain
2. sistem pendidikan formal yang maju
3. sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan untuk maju
4. penduduk yang heterogen
5. ketidak puasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu.

sumber : http://www.membuatblog.web.id/2010/02/ilmu-budaya-dasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar