*Selamat Datang di Blog SAYA*

SaLaM...

ucapkan Assalamualaikum

Sabtu, 23 Oktober 2010

Dear all,

Tadi ngobrol sama temen yang deket sama komunitas geologi,.. Menurut hasil penelitian mereka, diperkirakan tgl 8-10 oktober akan ada gempa, dimulai siaga dua di hari jumat sore..

Ini sebelumnya udah terjadi di new zealand, ke papua, terus skrg lempengan bumi ke arah pulau jawa..
Titik gempa diperkirakan di Jogja, 8-10 Skala richter, dan jakarta juga akan kena guncangan hebat..
BMKG sendiri belum ngeluarin berita apa-apa, nggak tau juga..

Tapi yg jelas, info dari komunitas geologi ini, waktu di new zealand efeknya jadi gak terlalu banyak korban..

Ciri2nya yg makin terasa, cuaca ekstrem yg semakin jelas akhir-akhir ini.. petir, angin, hujan, makin besar.. Dan banyak binatang yang makin gelisah.. termasuk semut2 yg makin banyak keluar dari sarangnya..

Ngga ada salahnya untuk tetep siaga, anak2 dibriefing dr sekarang, harus ngapain kalo gempa.. Bubar sekolah langsung kerumah.. Gak ada salahnya dokumen penting di simpen di satu tas/container, dan barang2 penting disiapin dr sekarang...

Kemarin temenku telpon suaminya, minta dia jangan masuk siaran hari sabtu dan minggu di menara imperium lantai 31..

Trus suaminya bilang.. "kamu masih percaya berita begitu?" nggak lama setelah obrolan ditutup.. suaminya telpon lagi, kata dia "barusan aku ketemuan sama orang2 detik.com dan cerita ttg berita gempa ini, mereka langsung cari info.. gak lama redaktur detik.com-nya telpon aku, membeberkan beberapa fakta, jadi aku memutuskan sabtu minggu nggak kerja dulu.."

Kalo di cek di BMG, memang hampir setiap hari ada gempa, dimulai dari daerah di pulau sumatera, sulawesi.. karena pulau jawa letaknya gugusan gunung2 dan selat sunda, jadi kayak bertumpuk di pulau jawa..

Bosnya suamiku bilang, beberapa hari lalu dia ngerasain gempa di rumahnya, BSD.. ternyata memang ada gempa kecil di daerah banten..

Diusahakan jangan pergi2 atau ke mal.. stay home, kalo memang benar terjadi gempa, segera lari ke tanah lapang.. sampai guncangan selesai..

Kalo kebetulan lagi di dalam rumah, trus gempanya kenceng, jangan langsung lari ke luar rumah, langsung Dug (merunduk posisi berlutut sujud), cover (tutupi kepala dengan tangan) and hold (diem).. jauhi lemari dan tembok, tapi stay deket tulang rumah atau kerangka pintu, tunggu sampai gempa berhenti, baru evakuasi ke luar rumah..

Di luar rumah, jauhi pohon dan tiang listrik, atau barang2 yg bisa menimpa, cari lapangan..

Btw, ini ada sedikit info ttg segitiga kehidupan waktu latihan evakuasi gempa..

Teori Segitiga Kehidupan :

• Secara sederhana, saat bangunan runtuh, langit-langit akan runtuh menimpa benda atau furniture sehingga menghancurkan benda-benda ini, menyisakan ruangan kosong di sebelahnya. Ruangan kosong ini lah yang disebut "segitiga kehidupan".

• Semakin besar bendanya, maka semakin kuat benda tersebut dan semakin kecil kemungkinannya untuk remuk.

• Semakin sedikit remuk, semakin besar ruang kosongnya, semakin besar kemungkinan untuk orang yang menggunakannya untuk selamat dari luka-luka.

Amati :

Suatu saat anda melihat bangunan runtuh di televisi, hitunglah "segitiga kehidupan" yang anda temui.
Segitiga ini ada di mana-mana dan merupakan bentuk yang umum.

*10 TIPS KESELAMATAN dalam GEMPA BUMI:*

1. Hampir semua orang yang hanya "menunduk dan berlindung" pada saat bangunan runtuh meninggal karena tertimpa runtuhan. Orang-orang yang berlindung di bawah suatu benda akan remuk badannya.

2. Kucing, anjing dan bayi biasanya mengambil posisi meringkuk secara alami. Itu juga yang harus anda lakukan pada saat gempa. Ini adalah insting alami untuk menyelamatkan diri. Anda dapat bertahan hidup dalam ruangan yang sempit.

Ambil posisi di samping suatu benda, di samping sofa, di samping benda besar yang akan remuk sedikit tapi menyisakan ruangan kosong di sebelahnya.

3. Bangunan dari kayu adalah tipe konstruksi yang paling aman selama gempa bumi. Kayu bersifat lentur dan bergerak seiring ayunan gempa. Jika bangunan kayu ternyata tetap runtuh, banyak ruangan kosong yang aman akan terbentuk.

Disamping itu, bangunan kayu memiliki sedikit konsentrasi dari bagian yang berat. Bangunan dari batu bata akan hancur berkeping-keping.

Kepingan batu bata akan mengakibatkan luka badan tapi hanya sedikit yang meremukkan badan dibandingkan beton bertulang.

4. Jika anda berada di tempat tidur pada saat gempa terjadi, bergulinglah ke samping tempat tidur. Ruangan kosong yang aman akan berada di samping tempat tidur.

Hotel akan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi dengan hanya menempelkan peringatan di belakang pintu agar tamu-tamu berbaring di lantai di sebelah tempat tidur jika terjadi gempa.

5. Jika terjadi gempa dan anda tidak dapat keluar melalui jendela atau pintu, maka berbaring lah meringkuk di sebelah sofa atau kursi besar.

6. Hampir semua orang yang berada di belakang pintu pada saat bangunan runtuh akan meninggal. Mengapa? Jika anda berdiri di belakang pintu dan pintu tersebut rubuh ke depan atau ke belakang anda akan tertimpa langit-langit di atasnya.

Jika pintu tersebut rubuh ke samping, anda akan tertimpa dan terbelah dua olehnya. Dalam kedua kasus tersebut, anda tidak akan selamat!

7. Jangan pernah lari melalui tangga. Tangga memiliki "momen frekuensi" yang berbeda (tangga akan berayun terpisah dari bangunan utama). Tangga dan bagian lain dari bangunan akan terus-menerus berbenturan satu sama lain sampai terjadi kerusakan struktur dari tangga tersebut. Orang-orang yang lari ke tangga sebelum tangga itu rubuh akan terpotong-potong olehnya. Bahkan jika bangunan tidak runtuh, jauhilah tangga. Tangga akan menjadi bagian bangunan yang paling mungkin untuk rusak.

Bahkan jika gempa tidak meruntuhkan tangga, tangga tersebut akan runtuh juga pada saat orang-orang berlarian.

Wallahu alam, Cuma Allah yang Maha Tahu..
Just aware aja, untuk jeli melihat kondisi alam..

Hasbunallah wani'mal wakiil ni'mal maulaa wani'mannasiir..

Semoga bermanfaat...

sumbar : Rika Rostiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar