*Selamat Datang di Blog SAYA*

SaLaM...

ucapkan Assalamualaikum

Minggu, 31 Oktober 2010

Ilmu Budaya Dasar dan Kesusastraan

Ilmu Budaya Dasar adalah seperangkat ilmu yang mempelajari tentang nilai-nilai, kebudayaan dan masalah-masalah yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupannnya sehari-hari. Ilmu budaya dasar diberikan sebagai salah satu mata kuliah di perguruan tinggi di Indonesia guna untuk memberi latar belakang pengetahuan bagi tiap mahasiswa mengenai kebudayaan khususnya kebudayaan Indonesia yang nantinya dapat menjadi motivasi untuk tetap mendukung dan mengembangkan kebudayaan Indonesia secara kreatif.
Ilmu budaya dasar bukan ilmu yang mempelajari tentang pelajaran sastra atau filsafat namun ilmu budaya dasar hanya memberikan dasar-dasar yang cukup kuat kepada mahasiswa untuk mencari hubungan antara segala segi kebudayaan dalam hubungan usaha yang terus mencari kebenaran, keindahan, kebebasan, dalam berbagai bentuk, serta hubungannya dengan alam semesta.
Ilmu budaya dasar juga memiliki hubungan yang sangat erat dengan kesusastraan. Kesusastraan berasal dari kata sastra yang artinya "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman". Selain itu dalam arti kesusastraan, sastra bisa dibagi menjadi sastra tertulis atau sastra lisan (sastra oral). Di sini sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan, tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu.Biasanya kesusastraan dibagi menurut daerah geografis atau bahasa. Kesusastraan terdiri dari prosa,puisi dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar