*Selamat Datang di Blog SAYA*

SaLaM...

ucapkan Assalamualaikum

Selasa, 01 Maret 2011

PENERAPAN MATEMATIKA DALAM ILMU PSIKOLOGI


PENERAPAN MATEMATIKA DALAM ILMU PSIKOLOGI
(GRAFIK)
Pada kali ini saya akan mencoba menjabarkan tugas yang diberikan pada mata kuliah Matematika Dasar, yang bertemakan “ PENERAPAN MATEMATIKA DALAM ILMU PSIKOLOGI”.
Sebenarnya, ilmu matematika dapat diterapkan dimana saja, seperti ekonomi,akuntansi,teknologi, bahkan filsafat juga mempelajari tentang matematika  (ingat kan mengenai Phytagoras dengan ilmu aljabarnya??), nah begitu juga dengan ilmu psikologi, ilmu ini juga menggunakan matematika dalam penerapannya.
Oke mari kita mulai, pertama saya akan mencoba menjabarkan apa definisi statistika itu terlebih dahulu.

A.      DEFINISI STATISTIKA
Menurut Boot dan Cox (1970:3). “Statistics is the body of theory and methodology employed in analyzing and using numerical evidence to choose one among several alternative decisions or actions when not all relevant facts are known. Atau ” Statistik adalah suatu kumpulan teori dan metodologi yang digunakan untuk menganalisis bukti-bukti numeric guna menetapkan satu dari beberapa alternatif keputusan atau tindakan, dimana tidak semua fakta yang relevan diketahui.
Dan menurut Sanders dkk statistika adalah “Statistics is the body of principles and procedures develop for the collection, Classification, summarization, interpretation, and communication of numerical data and the use of such data”. Atau ” Statistik adalah suatu kumpulan prinsip dan prosedur yang dikembangkan untuk pengumpulan, pengklarifikasian, perangkuman, pemaknaan, dan pengomunikasian penggunaan data tersebut.
Dari dua pendapat tesebut kita dapat menyimpulkan bahwa statistik adalah suatu metodologi (ilmu tentang metode) pengambilan keputusan atau tindakan berdasarkan data atau informasi yang dikumpulkan secara numerik. Jadi dengan statistika memungkinkan seseorang mendeskripsikan hubungan antara dua variable atau lebih. Dengan diketahuinya hubungan-hubungan tersebut, maka seorang peneliti dapat memberikan beberapa alternatif keputusan atau tindakan.

B.      DEFINISI GRAFIK
Grafik adalah merupakan visualisasi table. Table yang berupa angka angka dapat disajikan / ditampilkan ke dalam bentuk gambar.

Jenis grafik, ada beberapa macam grafik diantaranya adalah
1. Grafik batang (histogram) merupakan dipakai untuk menekankan perbedaan tingkat nilai dan beberapa aspek contohnya grafik Penyesuaian barang.
2. Grafik garis merupakan dipakai untuk menggambarkan perkembangan / perubahan dari waktu ke waktu contohnya grafik kesehatan anak
3. Peta dan Denah
Peta adalah penyajian visual tentang suatu wilayah dalam bentuk gambar
Denah adalah penyajian visual suatu tempat / ruangan dalam bentuk gambar.

3. Peta dan Denah
Peta adalah penyajian visual tentang suatu wilayah dalam bentuk gambar
Denah adalah penyajian visual suatu tempat / ruangan dalam bentuk gambar.

C.      HUBUNGANNYA DENGAN ILMU PSIKOLOGI
Dalam bidang psikologi, statistika dapat digunakan untuk memprediksi perkembangan atau dampak dari suatu perilaku tertentu. Dan melalui statistik seseorang dapat memprediksi apa yang akan terjadi, yakni dengan menganalisis hubungan peristiwa-peristiwa masa lalu dengan apa yang terjadi saat ini dalam masalah yang sama. Atau dapat digunakan dalam membuat grafik hasil test intelegensi, mengelompokkan hasil penelitian, dan sebagainya.
Contoh yang akan saya berikan adalah penggunaan statistika (dalam hal ini adalah grafik) dalam pembuatan hasil test intelegensi.Seorang psikolog dapat membuat simpulan dari suatu percobaan atau test dalam bentuk grafik atau diagram agar lebih mudah dipahami dan dibaca.
Berikut adalah contoh dari grafik dalam percobaan test intelegensi :
Kategori

Verbal

Numerik
Spatial
IQ
(TOT)


SE
WA
AN
GE
ME
RA
ZR
FA
WU
Sangat Tinggi
130


















































120





















Tinggi

































110







































Cukup Sedang










100







































Rendah










90




















































80










Sangat Rendah












































70












Naaaah,, demikianlah pendeskripsian saya mengenai “PENERAPAN MATEMATIKA DALAM ILMU PSIKOLOGI” , semoga bermanfaat.. J
            http://id.shvoong.com/humanities/theory-criticism/2050667-pengertian-grafik/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar